3 Manfaat Kegiatan di Grup Belajar Menulis



Tantangan menulis di Grup 8

Senin, 22 Juni 2020 

Di kehidupan ini, setiap keputusan yang diambil selalu menyiratkan dua hal, manfaat dan mudarat. 

Begitupun ketika saya memutuskan untuk bergabung di Grup Belajar Menulis Gel 8 (saya mengistilahkannya komunitas menulis). Keputusan tersebut membawa berkah dan manfaat. 

Saya berharap dan berdoa untuk selalu memperoleh kebaikan dalam kehidupan ini. Senantiasa berikhtiar agar dapat bertemu orang-orang baik dan hal-hal baik. Salah satu hal baik bagi saya adalah menambah pengetahuan dan keterampilan menulis. Oleh sebab itu,  saya bergabung dengan komunitas menulis. 

Keberadaan komunitas bagi saya sungguh bermanfaat. Saya memperoleh banyak teman dari berbagai profesi, dan beragam latar belakang. 

Dalam komunitas bisa saling berbagi ilmu, tukar pikiran, saling melengkapi, dan saling menyemangati. Bersama-sama menyalurkan bakat, tercipta banyak inspirasi dalam berkarya. Komunitas memperluas jaringan kerja dan jaringan informasi. 

Berkomunitas bagi saya juga menjadi tolok ukur tingkat adaptasi, toleransi dan kedewasaan bersikap. Sesama anggota komunitas dapat saling melengkapi kekurangan dan saling memperbaiki yang salah. 

Mengapa saya bergabung dengan komunitas menulis? Bagi saya komunitas menulis adalah wadah yang tepat untuk menggodok kemampuan menulis. Karena menulis bagi saya adalah proses pelepasan dari hasil berpikir dan perenungan. Menulis berarti menciptakan jembatan berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain. 

Dengan menulis saya memperoleh kepuasan batin dan dapat menjadi sarana aktualisasi diri. Menulis bagi saya adalah proses gerak dan ajang hijrah. 

Terlepas dari kekurangannya, menurut saya pribadi ikut bergabung dengan suatu komunitas adalah sangat bermanfaat. 

Jadi tidak ada salahnya jika Anda bergabung dengan komunitas. Apalagi komunitas menulis. Di komunitas ini, kita senantiasa mendapat suplai energi untuk tetap menulis. Menulislah,   sebagai bukti bahwa kita pernah hidup di dunia ini! 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumamprak

PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Nu Nyiar Ubar