Mengelola Sekolah di Tengah Covid-19


Wabah yang belum berlalu tidak jadi penghalang untuk terus berkarya dan menebar manfaat. Banyak hal yang dapat dilakukan, meskipun dengan segala keterbatasan. Niat yang kuat untuk terus berbagi dapat menyingkirkan semua alasan.

Kali ini hadir sosok inspiratif. Beliau adalah Dra. Betti Risnalenni, MM, Pendiri TK dan SD Insan Kamil Bekasi.

Inspirasi Betti
- Guru yang mempunyai niat membuka sekolah berkualitas bagi siapa saja.

- Side value. Manfaat yang dapat diraih dari membuat sekolah bukan hanya untung uang tapi banyak hal yang didapat. Diantaranya bisa jadi ajang dan ladang prestasi: guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juga  interpreuner.
Selain itu dapat menambah pertemanan dan network serta menambah ilmu pengetahuan.


Pembelajaran di PAUD  Selama Pandemi Covid-19 

Pembelajaran dilakukan secara daring. Selama Daring materi tidak hanya pelajaran, tetapi juga menugaskan kegiatan rumah (life skill dan penanaman karakter).

Pembelajaran dilakukan secara lebih hati-hati karena semua terdampak dengan musibah ini.  Guru  harus berpikir, dan menyiapkan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran, bekerja di rumah lebih susah karena gangguannya lebih banyak.

Harus lebih pandai menyusun dan menyiapkan pembelajaran karena anak-anak sudah mulai bosan BDR.


Banyak hal menarik dari sesi tanya jawab. Berikut beberapa diantaranya:

Tanya 

Assalamualaikum Wr.Wb. Sangat hebat sekali kisah dari bu Betti. Sangat menginspirasi. Pertanyaan saya, apakah pembelajaran Tatap muka di tahun ajaran baru sudah di lakukan? karena di Lebak masih belum boleh bu. Bagaimana menghilangkan rasa kekhawatiran orang tua tentang virus corona. AAM NURHASANAH, LEBAK- BANTEN

Jawab 

Kalau di bekasi, sekolah boleh mengajukan ke dinas dengan melengkapi vidio profil, surat persetujuan orang tua dan program. itu juga dinilai dulu. tidak langsung boleh buka. tapi daerah saya sih zona hijau. saya juga mulai kalau sudah di monev dari dinas. kalau ok, ya bisa tatap muka. kalau belum ok ya PJJ lagi.


Tanya 

Saya Watik sugiati gel 11. Ibu Betti . Bagaimana caranya menyampaikan pembelajaran ke orang tua dan peserta didik  TK. Melalui daring .
Untuk peserta didik baru yang belum kita kenal . Langsung daring utk th ajaran 2020- 2021. Bagaimana cara sarungnya . Apa yg harus  dikenalkan yg pokok.

Jawab 

Saya kan belum dapat surat ijin nya ya bu / pak. Tapi untuk murid yang belum kenal kita sudah adakan pertemuan akhir tahun ajaran lalu. sekitar pertengah juni. anak anak kita mulai dengan cara foto dengan lingkungan sekolah. Terus kita kasi mainan edukatif. jadi mereka senang dan sudah pengenalan dengan calon gurunya.


Tanya 

Selamat malam 🙏 saya Mahayu dari Bali.  Saya mau bertanya kepada Ibu Betty.  Apa motivasi awal Ibu mendirikan sekolah di Bekasi?  Terima kasih

Jawab 

Awalnya saya pengen anak yang ekonominya minim bisa bersekolah di tempat yang bagus. Motivasi saya adalah prinsip ini. Anak miskin di sekolah biasa / kurang itu biasa, anak kaya di sekolah bagus itu biasa. tapi anak kurang beruntung bisa disekolah bagus itu luar biasa. itulah yang saya lakukan di insan kamil. Yang yatim Free, yang tidak mampu pun free. saya tidak pernah , mereka harus bawa SKTM . karena sebenarnya tidak ada orang yang mau disebut miskin. kalau yg mampu sih bayar normal.


Tanya 

Assalamualaikum..
Saya suheli dari Brebes- Jateng gelombang 11. Mau bertanya : kebetulan saya juga punya lembaga PAUD KB ibu, banyak kendala yg sy hadapi : a) susahnya mencari tenaga pengajar b) memberikan pemahaman ke masyarakat tentang KB susah karena mereka beranggapan kl KB dulu anak akan terlalu lama di PAUD, penginnya langsung TK, 2 tahun langsung ke SD shgg muridnya sedikit; c) pembiayaan rendah dan banyak kendala..
Bagaimana cara/solusi ibu menghadapi kasus seperti yg saya hadapi..
Terimakasih..🙏🙏

Jawab 

ya memang mencari guru itu gampang gampang susah. Kebetulan kan anak saya sarjana psikologi, jadi kita sering mengadakan acara parenting . Narsum nya bisa saya, teman saya, anak saya atau teman anak saya. Jd sosialisasi tentang keorang tuaan dan masalah anak bisa kita bicarakan. Sekolah saya sering juga mengadakan kegiatan yang menghadirkan orang lain, orang umum. Jadi mereka bisa menceritakan tentang sekolah kita.
Acara nya bisa dengan lomba lomba. Bisa lomba  anak, bisa lomba orang tua.


Tanya 

Asw Bu, saya Candra dr MTsN 1 Langkat Sumatera Utara, izin bertanya Bu...mnrt ibu untuk peserta didik KB, TK dan SD apa efek positif dan negatif terbesar dari bentuk pembelajaran daring selama 3 blm yg lalu? Dan apa strategi ibu untuk mengurangi efek negatif itu ? Terimakasih ibu

Jawab 

Kalau untuk pembelajaran Daring untuk anak KB dan TK itu sering membosankan bagi anak. Tapi saya lebih memberikan kegiatan yang membuat mereka senang.


Tanya 

Assalamualaikum wr wb... Nama Sunaryo, dri Berau, Kaltim, psrta Gel.11
Salut dg niatan Ibu,  mendirikan sekolah yg bagus tp bs dinikmati oleh smua. Pertanyaan saya:
1.Sbg pendiri skolah tentu byk tahu ttg seluk beluk & prosedur pendirian. Mhn bs berbgi cara/prosedur utk mendirikan skolah & apa kendala2 yg ibu hadapi ?
2.Apa saja persyaratan yg diperlukan ?
3.Kemana saja perijinan tsb hrs diurus/dilakukan ?
4.Brp lama biasanya urusan tsb slsai & mndpt ijin pendirian skolah ?
Terimakasih

Jawab 

1. Banyak sih kendalanya tapi kalau keinginan kita kuat in syaa Allah bisa kita atasi.
2. Langkah pertama , ijin warga . 100 tanda tangan. ini lanjut ke RT, RW . Setelah itu kita ijin ke UPP atau UPTD. Lanjut ke disdik kota. Jaman saya, di sidangkan di tingkat kotamadya. Dan perlu tanah untuk TK min 300 m2, SD min 1000 m2
3. itu udah saya terangkan di no 2
4. ga lama kok kalau sudah lengkap semua.
oh ya harus punya akte yayasan yang sampai KemHumkam


Tanya 

Assalamu'alaikum
Salam kenal bu
Saya Titin dari Subang
Ijin bertanya
1.Bagaimana Tips ibu dpt mengelolah tiga lembaga sekaligus KB-TK-SD? 
2.Terutama dlm menejemen keuangan saat pandemik ini, kebetulan kami jg sekolah swasta?
3.Apa sj program karakter yg ada di sekolah ibu?
Terimakasih🙏

Jawab 

Tipsnya :
1. Jaga kesolid an dalam sekolah itu sendiri.
-  Bagi tugas berdasarkan kemampuan rekan kerja.
- Sering pantau dengan sharing. ( di sekolah saya setiap senin setelah pulang siswa )
2. Saya pembayaran segalanya 1 pintu. Boleh dicicil berdasarkan kemampuan. Setiap kegiatan , misalnya mau ulangan, harus lunas spp bulan..., pembagian modul harus lunas spp bulan .. jadi ortu tidak terbebani tp kita sudah punya harapan uang buat gajian guru dan karyawan.
3. Salaman ,  hafalan juz 30 , hadist dan surat2 pendek,  menjaga kebersihan, wirausaha.


Note
Jika ada niat baik lakukanlah, in syaa Allah, Allah SWT akan membantu.
Kala mengerjakan sesuatu, lakukanlah yang terbaik karena nilainya akan memperbaiki citra dan kehidupan kita.
Bekerja dan mengabdi dengan hati. Enjoy your life! 

Komentar

  1. Keren tdk semua guru mampu mengelola sekolah di era covid19 dan disinolah kepemimpinan kepala sekolah teruji secara alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibutuhkan niat yang tulus dan semangat juang yang tinggi. Terima kasih Om Jay.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih Bu. In syaa Alloh. Bismillah....

      Hapus
  3. keren pematerinya dan mantap peresumenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu terima kasih. Belum sebaik ibu... Masih harus terus belajar..

      Hapus
  4. Balasan
    1. Mr. BamS, terima kasih. Semoga dapat mengikuti sukses Mr...

      Hapus
  5. Trimakasih pencerahannya sobat..yg sangat menginspiratif guru Tk dimasa pademik ini..semoga bisa menerapknnya dan lembaga kami tetap bisa dipercaya masyarakat karena kreatif dlm mengolah pembelajan walaupun melalui daring..anak2 tetap senang bu guru senang begitupun mamh papahnya ikut senang bisa mendampingi anaknya belajar d rumah..semoga pademik ini segera berakhir biar anak2 bisa lebih senang lagi belajar bersama teman n b guru d sekolah.aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sobat, semoga lembaga pendidikan yang dikelola oleh orang baik sepertimu dapat terus berkembang dan meraih kesuksesan..

      Hapus
  6. Bu Win smakin keren nih tulisannya 👍🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibuu... Terima kasih.. Semoga bisa seperti ibu...

      Hapus
  7. Selalu runtut dan jelas tulisannya Bu Win👍👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumamprak

PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Nu Nyiar Ubar