Muda Berkarya


Resume Materi Kuliah Belajar Menulis Gel 8 Bareng Om Jay

Senin, 15 Juni 2020

Ada berbagai rasa ketika bersua dengan anak muda bertalenta,  bangga, haru, dan bahagia.

Bangga karena di usia muda sudah sangat berprestasi. Haru karena kiprahnya menginspirasi. Bahagia karena bangsa dan negara ini masih akan tetap ada dan dikenal dunia.

Dialah Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. Guru SD berusia dua puluh delapan tahun. Memiliki kegiatan seabreg: ngeblog sejak 2009, menulis buku,  puluhan artikel dimuat media cetak.

Berikut hal-hal yang disampaikannya berkenaan dengan ngeblog di Blogger.com.

Berawal dari keikutsertaannya disebuah kelas menulis, kemudian Dia tergerak untuk membantu peserta lain yang kesulitan dalam membuat/menggunakan Blog.

Mengapa Dia mau membantu? Poin utamanya adalah keinginan untuk mempunyai banyak teman guru blogger. Dia ingin guru-guru tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan. Dia khawatir jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi, guru-guru akan meninggalkan blog.

Sebelum bergabung dengan grup itu, Pak Brian merasa sendirian saja menjadi guru blogger. Dia bersyukur dipertemukan grup tersebut, sehingga dapat berjumpa dengan guru-guru blogger luar biasa di seluruh Indonesia.

"Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap," ungkapnya.

"Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.
Jadi perlu saya luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja," jelas Blogger yang tinggal di Bekasi itu.

Berikut ini yang Dia sampaikan mengenai
Blogger vs WordPress.

Ini pertanyaan yang tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa. Lebih bagus pakai blog apa ? Blogger atau  WordPress?

"Antara blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali ia kenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. Maka menurut saya, Tidak ada jawaban objektif untuk menjawabnya. Jika ada yang bisa menjawabnya, kemungkinan dipengaruhi subjektivitas. Orang yang sudah lama terbiasa menggunakan blogger akan menjawab blogger lebih bagus. Begitu juga sebaliknya.
Jadi sebenarnya tidak perlu membandingkan blogger dan wordpress. Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satunya dan gunakan secara konsisten," paparnya panjang lebar.

Berkenaan dengan motivasi ngeblog, Pak Brian mengemukakan bahwa  motivasi ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog.

Hal yang dapat menghambat menulis diantaranya adalah
kurangnya ide tulisan.

Terkadang  ketika sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tetapi masih bingung mau menulis apa.

Tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain.

Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.

Mengenai teknis penggunaan Blogger, Pak Brian mengatakan, hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. 

Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak saya pertama kali ngeblog pada 2009.

Pak Brian telah memiliki dua buku solo. Pertama buku blog untuk guru.
Kedua buku aksi literasi guru masa kini yang berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana.

Dalam waktu dekat akan menerbitkan buku solo berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan yang dibuat ketika mengikuti Dia mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.

Selain 3 buku solo, Pak Brian juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi.

Jadi dari tulisan itu, disimpulkan bahwa motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog dan menulis secara umum.

Motivasi bisa datang dari mana saja. Tetapi yang datang dari dalam diri itu jauh lebih berpengaruh daripada motivasi yang datang dari luar diri.

Jadi tetaplah menjaga motivasi itu tetap menyala, meskipun hanya berupa seberkas cahaya pelita di tengah purnama.

Menulis kapan saja di mana saja dan menulis tentang apa saja. Menulislah sebagai bukti bahwa kita pernah hidup di dunia ini. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumamprak

PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Nu Nyiar Ubar