Rahasia Blogger Sukses


Malam ini Rabu, 24 Juni 2020 saya dipertemukan lagi dengan sosok inspiratif. Beliau adalah Bapak Dedi Dwitagama. Seorang Blogger sukses.

Berikut beberapa hal yang beliau sampaikan seputar dunia Blogger.

Apa itu Blog?
Blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang lain.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Manfaat Blog
Manfaat blog berbeda untuk setiap orang. Secara umum merupakan wadah untuk mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat-rapat di sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun. Jadi ibarat keranjang berisi "rasa, karsa, dan karya" yang dititipkan di dunia maya.

Blogspot vs WordPress
Mengapa sebagian orang hijrah dari blogspot ke wordpress?

Tahun 2007 wordpress muncul, spt pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, sekarang wordpress sudah ada app nya di android dan iphone.

Bagaimana keterhubungan Blogspot dengan WordPress?

Tulisan di blogspot semuanya bisa di impor ke wordpress Jadi blog WordPress dapat langsung banyak isinya.

Seputar Ngeblog

Apa isi blog?
Blog itu seperti majalah atau rumah kita, apapun boleh kita isi, tetapi jika memiliki blog di kompasiana.com sebaiknya posting di Kompasiana dulu baru  kopi paste di blog lainnya. Karena Kompasiana mempunyai  sistem yang bisa tahu tulisan kita sudah tayang di tempat lain, dan itu bisa membuat kita di suspen.

Bagaimana rahasianya supaya blog kita terlihat menarik dan banyak pengunjungnya?

Supaya blog kita banyak pegunjungnya, kita harus megunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog.

Trik apa yang dilakukan untuk mendapat follower ribuan?

Salah satu trik yaitu dengan follow blog orang dan orang lain jadi follow blog kita atau sebaliknya.

Bagaimana cara mempunyai blog di Kompasiana?

Cuma email saja, isi bio data, masukkan foto, langsung nulis!

Dari blog yg sdh kita buat Bagaimana cara agar tulisan di blog menjadi sebuah buku?

Kumpulkan tulisan dari blog, kelompokkan tulisan berdasarkan tema, konsultaikan dengan editor atau pihak penerbit. Anda akan mendapat saran dari mereka agar buku anda menarik buat dibaca.

Seputar Menulis

Bagaimana mengatur waktu agar semua aktivitas bisa dilakukan dengan baik? Apakah pernah mengalami kebuntuan dalam berpikir dengan seabrek aktivitas?

Waktu itu milik kita, dan kita yang mengendalikan.
Beliau tidak membuka group WA, lebih senang membuka portal resmi yang minim hoax, jarang ngerumpi, lima belas menit sebelum absen pulang beliau berusaha posting tulisan atau menjadwalkan untuk terbit minggu depan.

Bagaimana tips mengubah resume kulwa menjadi susunan buku yang menarik?

Buku menarik itu sangat subjektif. sederhananya, coba tempatkan diri kita sebagai pembaca buku yg kita tulis. Amati apakah tulisan kita menarik atau tidak, jawab sendiri secara jujur, minta tolong teman atau keluarga untuk menilai. Perbaiki kekurangannya, lalu segera terbitan, karena kalau diulang-ulang pasti selalu ada yang kurang.

Apa rahasianya agar bisa membagi waktu?

Supaya bisa fokus, tetapkan tujuan kegiatan kita, tak perlu dengan kita punya teman-teman bicara apapun, jalaaan saja, terus jalan menuju tujuan yg diinginan, jika lelah istirahat, jika sedang fit bolehlah berlari. Nanti akan sampai pada tujuan. Sersan saja, serius tapi santai.

Bagaimana memunculkan kalimat pertama yang menarik perhatian?

Tulis langsung ide tulsan anda pada kalimat pertama, setelah itu lanjutkan dengan uraian yg diperlukan, sertakan foto dan video supaya lebih joss.

Bagaimana caranya menghilangkan kebiasaan menulis yang sangat bergantung pada mood?

Saat tak ada mood kunjungi blog orang lain, muncul ide deh, langsung tulis dan upload.

Apakah semua kegiatan kita cocok untuk didokumentasikan? Bagaimana kalau kegiatan itu kita nilai biasa-biasa saja?

Idealnya semua kegiatan anda, kegiatan sekolah anda harus didokumentasikan. Penilaian biasa-biasa itu kan menurut anda, buat orang lain di tempat lain bisa jadi luar biasa. Seperti anda membuang gelas air kemasan yg anda anggap tak bernilai, buat pemulung itu luar biasa, bisa menyambung hidupnya.

Bagaimana memulai menulis?

Saat punya ide, langsung ketik di gadget anda sebelum lupa. Saat ada waktu, lanjutkan tulisan itu, lengkapi dengan foto sendiri atau cari di google, kemudian upload.

Kisah Inspiratif

Apakah seorang yg luar biasa seperti Pak Dwi memiliki seorang inspirator?

Waktu SMA saya pernah ditunjuk sekolah mewakili semua murid untuk ikut seminar di Jakarta, yang pembicaranya Prof. Arief Rahman. Sejak saai tu saya sangat terinspirasi dengan beliau. Sayang saya tak bisa jadi Doktor karena disertasi saya tak tuntas akibat terima job dua tahun keliling Indo bersama BNN RI semaikan anti narkoba.

Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain. Peribahasa gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang sekarang bisa kita kelola menggunakan H
gawai. Apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula. Menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas, nikmati hasilnya kemudian.

Jejak apakah yang hendak Anda tinggalkan? 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumamprak

PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Nu Nyiar Ubar