Modal Awal Menulis

Tolabul'ilmi pada kesempatan ini bersama orang hebat dan sukses: Bapak Lukman Hakim (Cak Lukman) 

https://wijayalabs.com/2020/07/19/narasumber-guru-menulis-dan-menerbitkan-buku-20-24-juli-2020/

Tentang Narasumber

Silakan mengikuti beberapa video dari Channel beliau youtube.com/c/kelaskuonline

Beliau mendedikasikan diri kepada pengembangan diri guru, mulai dari Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif. 

Beliau memiliki lembaga: Pusat Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur (wadah pelatihan pengembangan diri) dan Penerbit Delta Pustaka serta Jurnal Inovasi Pembelajaran (wadah PI dan KI)

Beliau juga menggagas beberapa pelatihan:

Materi Proposal PTK
https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpeLCJGss9e9a550vAVcirW

Pelatihan PTK ini didesain mulai dari awal sampai menjadi Buku, tetapi karena ada pandemi maka terhenti sementara karena untuk penerapannya membutuhkan tatap muka.
Setelah PTK selesai, maka pelatihan selanjutnya adalah:

PTK jadi BUKU
https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ

PTK diubah menjadi buku referensi/buku pendidikan.

Beliau juga menggagas Quick Writing Series:

Quick Writing Series https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHreRS-xkH5HLeNk-TTnn55f

QWS ini menulis santai tentang catatam harian guru, mulai dari 2-6 halaman.

Tagline : 1 hari 1 buku antologi.

QWS pertama telah selesai dan menghasilkan 14 buku selama 14 hari.

Masa pandemi masih berlangsung, maka beliau mencoba membuat pelatihan modul terintegrasi Youtube

Pelatihan Modul https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpJEsLql5WgZYg105rDo15V

Masih berlangsung untuk tingkat lanjut.

Di akhir  pembelajaran beliau membagikan ebook  secara gratis.

Tulisan-tulisan beliau dapat dinikmati di: http://kelaskuonline.id/

YOutube di: https://www.youtube.com/channel/UCRSNsd3kVms_bneVKetRW7g

Beberapa Hal yang Bisa Disampaikan dari Video 

Video pertama

Mengupas tentang penyusunan proposal PTK. Pelatihan PTK ini didesain mulai dari awal sampai menjadi Buku, tetapi karena ada pandemi maka terhenti sementara karena untuk penerapannya membutuhkan tatap muka.. di sini menjelaskan tentang PTK di dalam Buku 4 PKB dan angka kreditnya dan bertujuan untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang penyusuna proposal PTK yang baik. Proposal PTK yang ideal meliputi:

- latar Belakang msalah

- identifikasi masalah dan judul

- sistematika Penulisan PTK

- rumusan maslah, tujuan, manfaat

-teknik mencari bahan kajian materi

- metodologi penelitiam


video kedua:

mengembangkan materi PTK menjadi buku. PTK diubah menjadi buku referensi/buku pendidikan

Angkatan 2 baru saja selesai dengan menghasilkan 90 karya buku pendidikan/referensi berISBN yang diterbitkan oleh delta pustaka. Bagi teman2 yang tidak menulis serius seperti PTK dan PTKjadiBUKU, saya menggagas Quick Writing Series:


Video ketiga:

QWS ini menulis santai tentang catatan harian guru. Guru bisa santai menulis sesuai fasionnya. Tidak dituntut untuk menulis hal yang tidak kuasai. Sehingga mereka menulis dengan sepenuh hati. Catatan harian itu kan mencatat kegiatan setiap hari dan semua pasti bisa melakukannya.


Video keempat:

Buku PTK menjadi buku mind map.Manfaat Mind Map dapat membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran di kelas dengan meringkas bahan yang demikian banyak menjadi beberapa lembar Mind Map saja yang lebih mudah dipelajari dan diingat oleh siswa.

Kelebihan Youtube:

1. Sarana atau media belajar secara daring

2. Memfasilitasi karya guru


Sesi Tanya Jawab

1 .Assalamualaikum. Saya Wiwin Wintarsih dari SMPN 2 TANJUNGSIANG Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.

Izin bertanya: Bisakah Pak Lukman menjelaskan bagaimana cara membuat buku catatan harian guru? Jika tidak keberatan dalam bentuk outline. Terima kasih 🙏🏻

Quick Writing Series: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHreRS-xkH5HLeNk-TTnn55f

saya menggagas QWS memang untuk menulis santai. Outline sederhana: pendahuluan, isi dan penutup.
Pendahuluan: pengalaman menarik dalam aktivitas sebagai seorang guru.
Bagian inti menjelaskan kejadian yang dialami dalam sudut pandang yang menginspirasi.
Penutup: hal-hal yang dapat diambil  ibroh/pelajaran oleh pembaca.

Tulisan saya di http://kelaskuonline.id/
kebanyaka adalah catata harian, pendek-pendek dan enak dibaca.


2.Ijin.bertanya
Assalamualaikum Cak, gimana tips manajemen waktu antara mengajar, menulis, dan mengelola penerbitan?
(Hani-Bali)

Menulis bagi saya adalah bagian dari mengajar.  Menulis itu juga memunculkan penerbit.  Semua terkoneksi antar satu dengan lainnya. Sehingga semua bisa berjalan beriringan.

Buku IPA SMK itu muncul dari kebutuhan untuk mengajar. Tahun 2009 saya diterima PNS, masuk tahun ajaran baru saya menggunakan LKS beli 7rban. Saya anggap LKS itu tidak layak. Tahun ajaran berikutnya saya menghentikan pengguaanan LKS dan membuat buku sendiri. Lahirlah Buku IPA SMK. Saya terbitkan menggunakan penerbit sendiri, yang saya buat sendiri.

Menulis di kelaskuonline.id juga sama. Apa yang saya alami ketika menjadi guru, saya tulis di sana sebagai tabungan. Akan saya terbitkan buku kedua: Guru Penggerak 4.0, dari tabungan di blog: kelaskuonline.id
Jadi saya tidak membutuhkan manajemen waktu.


3.Izin bertanya Bunda : Ai S Dewi SMPN 1 Cibogo. Malam Pak Lukman, Seberapa jauh perbedaan membuat buku dengan e book. Syarat buku kita dibuat e book apa ya? terima kasih

Seberapa jauh perbedaan membuat buku dengan e book. Syarat buku kita dibuat e book apa ya? ndak ada sih. Semua buku yang saya daftarkan dalam bentuk cetak. Kalo ada permintaan dari penulis untuk diebookkan saya akan ebookan. 


4.Ijin bertanya🙏saya Katmie dari SMAN 6 Palangka Raya.
Kalau misal membuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), apakah bisa dijadikan buku?

Apakah harus ada lembar pengesahan/validasi dari Dinas Pendidikan?
Terima kasih

Kalau misal membuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), apakah bisa dijadikan buku? sangat bisa, tetapi jika diberi kelas maka harus berjilid.
Misalkan saya di SMP mengajar IPA, maka buku pelajaran harus lengkap 3 mapel, karena ada ISBN ber jilid. Kalo sdh diISBNkan dan diterbitkan tdk perlu
validasi dari dinas pendidikan. Kalo tdk di ISBNkan, maka wajib ada pengesahan. Untuk menentukan nilai AK sila baca buku 4 PKB.


5.Slm mlm Ibu Sri..moderator hbt, ijin mhn tanya sm bpk Lukman narsum luar biasa pernalkan saya nama I Nengah Suradnya  dari Bali, apa yang melatarbelakangi bpk mndirikan sebuah lembg pengembngn profesi guru di Jawa Timur? Dan manfaat apa yg bpk dapatkan?trimkasih

Alasan ada di video ini https://www.youtube.com/watch?v=8TN5Kc1Er3Y&t=8s
http://kelaskuonline.id/tiga-pilar-publikasi-ilmiah/


6. izin bertanya: untuk PTK harus minimal 80 halaman itu sudah termasuk lampiran-lampiran atau hanya bagian isi? terima kasih
Bahrudin dari Rembang

Kalo laporan PTK sesuai kebutuhan, saya pernah membuat PTK lengkap 150 halaman.
Kalo PTK jadi BUKU minimal 80 halaman kalo di Delta Pustaka agar punggung bukunya kelihatan. Tidak ada ketentuan asal semua aspek dalam PTK terpenuhi seseuai buku 4 PKB.


7.Assalamualaikum
Ijin bertanya untuk materi malam ini ya Bun..
Saya Kartini, gel 12 dari Bekasi
Saya sudah punya beberapa PTK, namun saya masih blm pede dgn PTK saya tersebut, dan PTK itu sudah saya gunakan untuk kenaikan pangkat saya.
Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa PTK tersebut dijadikan buku ?
Demikian pertanyaan dari saya, terimakasih🙏

Sangat bisa.
PTK jadi BUKU: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ

Ikuti materi ini. Saya siap berbagi  silahkan WA pri
+62 858-5000-0784 Ingin instan https://youtu.be/Ec0WXYcx-5Q


8.Ass war wab, perkenalkan saya Damdam Efendi dari SMPN 41 Bandung, ijin bertanya Pa Lukman:
1. Bagaimana langkah yg paling mudah dan sederhana untuk mengubah skripsi, tesis, dan PTK menjadi sebuah buku?
2. Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang berbeda?
Terima kasih, Was

1. Bagaimana langkah yg paling mudah dan sederhana untuk mengubah skripsi, tesis, dan PTK menjadi sebuah buku?

PTK jadi BUKU https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ
2. Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang berbeda? Bisa.
PTK itu memiliki kekhasan yaitu: pada kelas tertentu dan mapel tertentu. Tidak bisa digeneralisir. Misalnya saya membuat PTK IPA PBL di kelas V-a. Saya teliti lagi PBL di kelas VII-b, maka tidak ada masalah.   


9. Nama sy sofina
Dari depok

Bagaimana caranya  unt menerbitkan bk cepat selesai, sementara kondisi sy satu sisi sy sambil belajar menulis di grup ini. Satu sisi sy jg buat media pembajaran kreatif. Satu sisi sy jg masih mengajar. Rasanya ini mau pecah kepala. Semua mau diselesaikan tp kepala cuma satu,mana yg didahulukan?

Apa yang dilakukan oleh Bunda Sofi adalah keperluan pembelajaran. Media digunakan untuk pembelajaran. Buku (mungkin) untuk mendukung pembelajaran, semua bisa dilakukan bersamaan.  Jika dipaksa membagi waktu, gunakan waktu luang saat tak mengajar untuk menyempatkan diri menulis atau membuat media. Buat prioritas apa yang ingin diselesaikan dulu. Misal antara membuat media dan buku. Buku lebih urgen daripada media maka selesaikan dulu buku. Untuk pelatihan, saya pernah menulis di blog saya. Tidak semua pelatihan harus diikuti kalo memang hanya menambah kesibukan, maka Bu Sofi bisa meninggalkannya karena kita buka superman buat skala prioritas.
Semoga Bu Sofi bisa merasa lega dan tidak terlalu terbebani dgn tugas yg dirasa tidak mampu.


10.Assalamualaikum Wr Wb, Siti Nurbaya AZ, SMAN Karimun, Kepri .
Mohon petunjuk untuk karya inovatif yang berisnb, contoh seperti antologi puisi yang dibuat oleh guru yang bukan guru bahasa. angka kreditnya berapa? wassallam

Mohon petunjuk untuk karya inovatif yang berisnb, contoh seperti antologi puisi yang dibuat oleh guru yang bukan guru bahasa. angka kreditnya berapa? wassallam Karya INovatif  boleh dibuat oleh siapa saja, tidak harus guru bahasa yang mampu membuat puisi. Saya pernah membuat tantangan 1 hari 1 puisi, ternyata puisi orang matematika lebh bagus.

Angka kredit untuk karya inovatif dibagi 2: sederhana dan kompleks. Kompleks  sederhena 2 ( lihat buku 4 PKB).
Jika ingin cetak bisa pesan ke saya.


11. Assalamualaikum, Pak Lukman Hakim sy bu sri gel. 12, izin bertanya ya, :
Pak kalau quick writing jadi sebuah buku itu menulisnya harus runtut anar bab atau beda bab beda tema / judulnya,  terima kasih atas penjelasannya.

Pak kalau quick writing jadi sebuah buku itu menulisnya harus runtut anar bab atau beda bab beda tema / judulnya? tidak ada ketentuan seperti itu. QWS itu saya konsep bebas, namun jika ingin dibagi beberapa tema akan jauh lebih memudahkan, bisa dilihat ebook buku saya Guru 4.0. dr Ika Fitriyati.


12. bunda kanjeng, ijin bertanya tuk pak lukman.
1. brp lama proses dr mengirin naskah ptk tuk dijadikan buku di penerbit Anda?
2. bgmn jg dg buku2 yg lain, selain ptk?
3. prosedurnya bgmn?
mtr nwn..🙏

1 bulan: layout 1 hari...cetak 2 minggu
http://kelaskuonline.id/penerbit-delta-pustaka/
kirim naskah, saya tata, edit silang (saya edit penulis juga edit).


13: Izin bertanya Cak. Mohon berkenan berbagi tips PTK pembelajaran daring (Syamsuddin, SMP Al-Qur'an Bogor)
Kenapa jarang guru bahasa yang bisa nulis bagus?
Menulis itu masalah rasa, Pak Syam. Masalah rasa tidak akan dipengaruhi oleh latar belakang, saya orang fisika. Tidak ada background bahasa sama sekali. Saya punya kekhasan, menulis santai dan serius kelaskuonline.id
adalah menulis santai dan kadang menulis serius.
Siapapun yang belajar menulis, menulis dan menulis maka dia akan menemukan gaya menulis. ATM lah: mencontoh kemudian menemukan rasa diri sendiri, begitu pak Syam, genre tulisan saya: cerita nyata dan buku2 serius. Saya lemah dalam hal sastra, cerpen dan puisi, saya tidak mahir. 


14.Tulisan Cak Lukman tidak hanya ringan untuk dibaca tetapi berkarakter dan mengajarkan kehati-hatian. pertanyaan saya,  apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual? Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai? 

(HAMDANI - KEPRI)

 Apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual? Jika ditulis dengan bahasa yang sederhana dan pendek (2-6 halaman A5) dan menginspirasi maka akan sangat layak jual. Tentuk ini masalah PD atau tidaknya penulis sih. Kalo saya tidak pernah menjual buku saya. Saya suka membagikan atau bayar seikhlasnya. 

Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?  Justru itu akan sangat bervariasi ceritanya. dan itu tidak ada masalah. Buku saya Guru 4.0 itu buku campur2. Silahkan teman2 menilai isi bukunya. Saya tulis dengan bahasa yang apa adanya. 


15.Selamat malam Lukman

Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12

Maaf kalau sebelumnya agak keluar tema. Masalah jurnal yang dikirim untuk kenaikan pangkat itu harus memenuhi penerbit jurnal yang sudah beraviliasi dengan perguruan tinggi. Di mana saya harus mengirimkan jurnal itu ? Terima kasih

Maaf kalau sebelumnya agak keluar tema. Masalah jurnal yang dikirim untuk kenaikan pangkat itu harus memenuhi penerbit jurnal yang sudah beraviliasi dengan perguruan tinggi. Di mana saya harus mengirimkan jurnal itu ? 

Sebenarnya di buku 4 tidak ada ketentuan seperti. berafiliasi maksdnya adalah bermitra bestari dengan perguruan tinggi. Kalo bu aning berkenan, saya ada jurnal. Bila dipadang layak, bisa kirim tulisan artikel. 


16.Seproni Bandung, mohon dikirim buku/ebook sekengkspnya tentang pedomam PTK. TRIMS.

 Mohon dikirim buku/ebook sekengkspnya tentang pedomam PTK? kalo bukunya belum selesai saya buat. bisa dipelajari di video. 

 Simpulan 

 Menulis adalah passion dan rasa. Semua bisa dipelajari. Menulis apapun itu. Jangan pernah berhenti belajar menulis. Semua penulis hebat selalu diawali dengan penulis pemula. Jika anda sudah  menjadi penulis pemula, maka akan ada kemungkinan menjadi penulis hebat. 

Beliau siap membantu menerbtikan buku. Anti titolak, antimahal. Silakan  di coba. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumamprak

PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Nu Nyiar Ubar