Strategi Digital Marketing


 

Tolabul'ilmi pada kesempatan ini bersama Bapak Agust Subardana dari Penerbit Andi⁩.

Cerita Pemasaran Buku pada Masa Pandemi Covid - 19

Banyak kisah tercipta pada masa Covid -19.  Cerita itu pun tercipta di dunia buku terutama pada sektor pemasaran. Berikut gambaran keadaan pemasaran buku pada masa Covid -19. 



Bagaimana penjualan buku selama pandemi ini? Bahwa pemasaran buku dengan adanya Covid - 19 terkendala. Jaringan toko buku seluruh Indonesia  sementara mengalami tutup dalam kurun waktu hampir empat bulan ini.

Kalau kita review tentang dampak dari cover sembilan belas ini terjadi penurunan omset toko buku kurang lebih tujuh puluh persen sampe delapan puluh persen.

Selain itu dampak Covid - 19 ini banyak orang yang takut datang ke toko buku maupun mall. Mall yang di dalamnya ada toko buku.

Kalau kita review tentang dampak dari  Covid - 19 ini terjadi penurunan omset toko buku kurang lebih tujuh puluh persen sampai delapan puluh persen.

Banyak penerbit yang berhenti distribusi ke toko buku dan juga banyak penerbit yang gulung tikar maupun bangkrut karena adanya pandemi ini. Nah ini adalah latar belakang setelah terjadinya Corona. 


Dari data tersebut kita bisa lihat bahwa selama masa pendemik Corona ini  grafik pengunjung di Gramedia, toko buku itu mengalami penurunan dan sangat tajam. Dari mulai  pertengahan Februari sudah mulai turun dratis, naik sedikit, tetapi April awal sudah mengalami penurunan lagi sampai terus turun. Mulai  naik lagi itu adalah pertengahan  Juni tetapi turun lagi  di awal Juli ini sudah mulai mengalami kenaikan untuk pengunjung ke toko buku Gramedia khususnya yang  dibuka khusus sesuai dengan protokol Covid - 19.


Dengan menghadapi pandemi ini kami  penerbit buku perlu melakukan strategi yaitu pentingnya bagaimana kita mentransformasi digital dengan dampak dari dampak pandemi Covid - 19 telah mengubah dunia menuju era lockdown masa ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau  keharusan ngecek kesehatan dan keselamatan perilaku yang baru harus bergeser ke sektor sektor industri terutama sektor industri perbukuan.

Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja cara belajar mengajar sebagai seorang guru maupun dosen ini pasti juga cara belajar dan mengajar nya akan berubah kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial itu mengalami perubahan yang begitu pesat dan besar dalam menghadapi pandemi karena ini maka untuk itu strateginya yang paling utama yang kita pakai dalam pemasaran buku ini adalah gital marketing dalam melakukan transportasi mendasar pada bisnis penerbitan buku.


Digital Marketing

Di dalam digital marketing inilah kita harus menyesuaikan diri dengan era new normal. Ini kita akan dengan sistem marketing supaya tetep  eksis yaitu dengan digital marketing nah digital marketing inilah yang terkandung di dalamnya ada brand ada sosial media ada konten marketingnya lewat email marketing ada juga kita buat video productiondesainnya  develop nya dan dan sebagainya ini yang adalah  gambaran bagaimana kita masuk ke dalam tataran digital marketing.


Dan  masih ada banyak startegi yang lain yang untuk bisa mempertahankan dalam hal penjualan pemasaran buku ini tetep bisa kita bertahan supaya tetep eksis itu tingkat juga bisa menggunakan sistem mobil. Mobile  marketing ini salah satu strategi yang sedang sangat trend sekali dengan menggunakan internet yang sangat besar maka peluang mobile marketing ini semakin besar peluangnya dan kedua juga kita bisa menggunakan yang sudah lama kita sering lakukan yaitu email marketing itu sudah lama sekali kita gunakan dalam digital marketing ini sehingga saat ini email marketing masih digunakanuntuk untuk menargetkan pelanggan dan cukup efektif untuk menghubungi lewat email ini sehingga hubungan kedekatan ini melalui email inilah jumlah pelanggan kita meningkat dan juga ada edukasi yang dapat dilakukan secara terus menerus.Terhadap  konsumen bilamana ada konsumen tersebut komplain dan perlu penjelasan yang lebih detail.

Ya penerbit Andi  menyediakan melayani pembelian buku dari dana bos melalui siplah yaitu sistem masih pembelian sekolah itu lewat marketplace kami memakai marketplace belanja.com dan BPDB.com ini sarana kami untuk bisa memasarkan produk kami yang ada di dalam aturan main dana bos ini karena dana bos pembelian saat ini pembelian buku itu harus melalui siplah yaitu market place yang kami gunakan yaitu belanja.com.

Dan masih ada banyak startegi yang lain yang untuk bisa mempertahankan dalam hal  penjualan pemasaran buku ini tetep bisa kita bertahan supaya tetep eksis itu tingkat juga bisa menggunakan sistem mobile  marketing ini salah satu strategi yang sedang sangat trend sekali dengan menggunakan internet yang sangat besar maka peluang mobile  marketing ini semakin besar peluangnya dan kedua juga kita bisa menggunakan yang sudah lama kita sering lakukan yaitu email marketing email marketing itu sudah lama sekali kita gunakan dalam digital marketing ini sehingga saat ini email marketing masih digunakanuntuk menargetkan pelanggan dan cukup efektif untuk menghubungi lewat email ini sehingga hubungan kedekatan ini melalui email inilah jumlah pelanggan kita meningkat dan juga ada edukasi yang dapat dilakukan secara terus menerus.
Cara lain untuk mempertahankan pemasaran buku itu juga kita memakai strategi pemasaran yang lebih  menargetkan pelanggan secara personal atau yang dikatakan personalize marketing dengan adanya digital ini dapat menampilkan iklan atau informasi yang dengan target orang yang secara personal hal ini dimungkinkan  adanya teknologi yang mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara personal melaluikarakteristik karakteristik pencarian terhubung dengan internet dan karakter yang sesuai dengan konsumen tersebut.

 Bagaimana  kita bisa mempertahankan pemasaran buku ini dengan sistem memakai strategi continuous marketing artinya apa yaitu pemasaran itu selalu berkelanjutan yang menghubungkan semua lini pemasaran yang dengan media sosial media terus menerus nah program marketing ini yang secara continue itu akan mensyaratkan marketing berjalan terus menerus menyasar pengguna sosial media dengan program marketing akan terus berjalan dan dapat dievaluasi dengan cara yang sangat akurat itulah bagaimana kita bisa mempertahankan strategi pemasaran buku ini.

Tak lupa kita juga dalam memasarkan produk  buku ini kita juga harus terintegritasi digital marketing nya apa artinya terintegritasi digital marketing nya itu adalah cara bagaimana marketing yang menggabungkan seluruh digital marketing yang saya tampilkan di atas tersebut itu digunakan dalam sebuah website  dengan menggunakan integrity marketing ini aktivitasnya akan dapat berjalan sekaligus dengan cara kerja yang sangat sederhana tetapi memiliki dampak yang luar biasa dalam marketing karena terintegrasi satu yang lain sehingga media sosial tersebut sekali kita upload itu semua kena semua terinformasikan semua ter koneksi antar media sosial satu dan yang lain.

Strategi yang lain dalam hal pemasaran buku ini kita juga harus menggunakan suatu konten marketing yang menarik artinya apa bagi pengguna internet sekarang ini selalu mencari berbagai informasi melalui internet informasi apa saja yang mereka butuhkan hampir tersedia maka strategi pemasaran dengan model konten marketing ini sangat tepat bisa menarik konsumen dengan beragam informasi yang disediakan di dalam website tersebut  informasi yang dibuat bisa berupa artikel atau teks atau video gambar atau bahkan hasil riset tertentu itu bisa kita masukkan dalam konten marketing ini di dalam brands ini maka informasi yang disediakan itu harus memiliki keterikatan atau relevansi dengan usaha bisnis yang sedang kita miliki ini yaitu misalkan kita dalam rangka mempertahankan pemasaran buku tetep eksis di situlah kita harus cariken artikel yang sesuai dengan konten yang akan kita pasarkan berikan suatu gambaran berikan video dan sebagainya itu acara yang menarik untuk konsumen sehingga konten marketing ini harus benar-benar mempunyai bobot yang baik di benak konsumen dan bermanfaat untuk dibeli oleh konsumen.

Jadi untuk penerbit Andi  ini juga menyediakan buku teks utama Kalau 13 yaitu buku harga eceran tertinggi dan buku pelajaran untuk pendamping dan buku pelajaran peminatan buku pelajaran SMK  untuk buku kelompok C dua dan tiga yaitu buku khusus SMK  ini adalah produktif atau ke keahlian dan tiga juga kita menyediakan buku aja informatika kelas empat SD  Kelas lima enam dan SMP  kelas tujuh delapan sembilan dan SMA  kelas sepuluh sebelas dua belas buku perpustakaan baik buku fisik dan e book juga kami sediakan serta alat alat olahraga. 

Di dalam pemasaran buku itu juga perlu kita menghadirkan dalam digital marketing ini adalah visual marketing karena apa karena visual marketing ini sangat penting tidak hanya untuk di dunia nyata tetapi juga bisa di dunia maya seperti instagram  dan juga youtube dan juga visual promosi yang lain nah ini dibutuhkan banyak untuk bekerja sama untuk bisa menyediakan gambar visual yang sangat tajam dan mengandung manfaat bagi konsumen.

Dalam digital marketing ini dalam memasarkan buku ini kita sangat memerlukan namanya peran besar yang di dalamnya itu namanya adalah google adword ah ini suatu meningkatkan suatu performa marketing yang saat ini karena google adwords ini merupakan sarana berbayar namun potensi return yang dihasilkan dari google adword ini sangat besar sehingga google ini yang dikenal dengan PC  atau paper klik itu marketing sangat bermanfaat untuk bisnis apa pun nah bpjs ini merupakan mmm sebuah metode  melalui engine google atau google itu untuk membawa banyak visitor ke website tujuan.

 Potensi buku untuk sekolah ini yang saat ini sedang adanya pandemi ini sebenarnya  potensi yang saat ini sarana mempertahankan pemasaran buku sebenarnya di sekolah itu kami adalah sasaran produk kami sangat berpotensi sekali di sekolah dengan adanya kebijakan terkait dana bos atau bantuan operasional sekolah ini itu banyak saatnya karena di dalam kebijakan terkait dana bos bantuan operasional sekolah dari pemerintah ini tiap sekolah boleh untuk mengembangkan perpustakaan dalam pengembangan perpustakaan ini produk  buku itu sangat dibutuhkan supaya apa kita juga bisa menyuplai atau memberikan gambaran kategori yang bermanfaat untuk perpustakaansetelah masing masing.

Nah dengan kebijakan terkait dana bos ini bantuan operasional sekolah maka sekolah juga bisa mengalahkan pembelian buku untuk perpustakaan karena dengan kondisi pandemi semacam ini siswa itu adalah butuh di rumah dengan banyak membaca buku dengan adanya fasilitas perpustakaan dari sekolah itu otomatis siswa akan bisa meminjam buku perpustakaan sekolah yang dibawa ke rumah untuk bisa dibaca nah menu menu perpustakaan buku yang kami sediakan di penerbit Andi  itu cukup variatif sekali banyak sekali produk  baik untuk menu perpustakaan kelas tingkat SD  SMP  SMA  SMK  dan perguruan tinggi jadi kami sangat menyediakan tentang buku perpustakaan ini.

Kebijakan terkait dengan dana bos ini memang cukup luas bisa dalam pengelolaan kegiatan penerimaan siswa baru kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikulernya kegiatan evaluasi pembelajaran pengelolaan sekolah pembelian atau perawatan alat multimedia pembelajarannya dan juga bisa untuk pembayaran honor guru dan perawatan setelah langganan daya dan jasa serta pengembangan profesi guru nah untuk itu potensi untuk sekolah dengan kebijakan terkait dana bos ini sangat luas sekali penggunaan dana tersebut untuk membeli buku terutama buku perpustakaan maupun buku teks kurikulum tiga belas maupun buku pendamping dan juga buku peminatan   adalah pemasaran buku yang dapat kita masukkan ke dalam dana bos yaitu bantuan operasional sekolah.

Berikut gambaran  ranking buku laku di toko Gramedia  ini untuk di toko Gramedia  seluruh Indonésia  itu masih kontribusi terbesar dalam pembelian buku best seller nya masih didominasi oleh novel yaitu novel  kurang lebih kontribusinya enam belas persen dari keseluruhan kategori dari tiga puluh empat kategori ada siang kedua itu departemen children book atau buku anak itu masih cukup ranking tinggi yaitu ranking dua kontribusinya tiga belas koma enam persen dan departemen religi maupun spiritual itu juga menduduki rangking tiga kontribusinya dua belas persen dan juga steel box  masih tinggi juga sebelas koma lima belas persen ini untuk buku komik juga  peringkat yang kelima sembilan persen  nah ini ada buku  tentang pengembangan diri itu juga masih menduduki ranking enam dan referensi itu juga masih cukup bagus bilamana kepengen sekali mana rebutkan atau menulis buku  silakan itu dipilih dari ranking satu sampe ranking sepuluh itu adalah gambaran buku yang diminati oleh pasar terutama toko buku Gramedia  dan toko buku lainnya.

Toko akan diuntungkan karena nanti dengan hasil promosi tersebut maka akan mendapatkan hak royalti yang akan diterima oleh penulis dari hasil penjualan nah bilamana penulis ingin memasarkan sendiri kami juga dari pihak penerbit akan memberikan kontribusi diskon atau rabat mmm kepada penulis tersebut rata rata tiga puluh persen sampe mmm empat puluhdemikian nah itu bisa dijadikan mmm kerjasama untuk sama sama memasarkan product nya yang telah ditulis oleh penulis tersebut.

Semua harus ditulis. Apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis , dan tulis. Suatu saat pasti berguna...kami siap membantu.... Dalam memasarkan buku. 



 

Sesi Tanya Jawab 

Mhn maaf, ijin bertnya
Sblmnya perkenalkan saya, Sunaryo, dri Berau, Gelb.11 ni 
Pertanyaan:
1.Apa peran yg diharapkan oleh penerbit (terutama bag.pemasaran) terhdp penulis utk ikut andil dlm menghadapi kondisi pemasaran buku saat ini akibat covid 19 ?
2.Apa harapany dg peran para guru dg kondisi saat ini spy pemasaran buku bs sgr pulih ?
Pertanyaan lanjutan
3.Adakah stimulus dri penerbit yg ditujukan kpd para penulis & guru spy bs ikut andil memulihkan kondisi pemsran buku mnjdi lbh baik lg ? Klo ada, wujudnya sprti apa ?
Terimakasih. 

Baik bu dewi saya akan menjawab tentang pertanyaan ibu dai bagaimana caranya agar buku kita masuk ke akun siplah dan apa syarat syaratnya sebenarnya masuk ke akun siplah tersebut harus ada penilaian dari facebook mmm dan didaftarkan ke website service facebook baru akan bisa masuk ke akun siplah nah buku yang sudah masuk website atau web servis facebook tersebut maka akan terkoneksi ke siplah kemendikbud siplah kemendikbud itu nanti akan mengupload ke mmm market place yang ada sehingga marketplace tinggal akan me download dari siplah akun tersebut ke dalam marketplace nya masing masing jadi intinya begini syaratnya adalah pertama buku tersebut harus lolos penilaian dari purpose book yang kedua adalah adanya sk surat keputusan dari pihak facebook baru buku tersebut bisa masuk ke akun siplah setelah masuk ke akun siplah itu adalah sudah dinyatakan resmi sehingga bisaupload di marketplace yaitu belanja dot com pdri dan marketplace yang lainnya syaratnya itu bu terima kasih.

Oh ya saya akan eh menambahkan tentang pertanyaan bu dewi mengenai bagaimana cara agar buku kita masuk ke akun siplah dan apa syaratnya tadi yang syarat pertama adalah adanya sk penilaian dari bungkus book dan masuk ke web service facebook sehingga itu bisa di upload di siplah syarat yang lainnya itu adalah kita sebagai mendaftarkan diri sebagai penyedia barang ke marketplace ah dalam syarat sebagai penyedia barang tersebut berupa mmm legalnya bisa cctv bisa cek pt ah kalau itu secara legal sudah kita daftarkan ke marketplace dan kita akan memasarkan mmm buku tersebut ya kita pastinyamelalui salat syarat yang ada yaitu misalkan ada siup bmw terus juga ada legal notarisnya dan sebagainya itu adalah bisa masuk ke akun siplah terima kasih.

Kata-kata Inspiratif 

Semua harus ditulis. Apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis , dan tulis. Suatu saat pasti berguna...kami siap membantu.... Dalam memasarkan buku

 Menulis  adalah suatu perjuangan.  Penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama lamanya.  Lembaran  karya adalah medan pertempuran.  Pena  adalah senjatanya buku adalah gudang ilmu kuncinya adalah membaca.  Membaca  adalah jendela,  jendela dunia. Membacalah sebagai awal untuk menulis. 

Silakan lihat lebih lanjut di

https://literasikangagus.blogspot.com/2020/05/strategi-pemasaran-di-dunia-perbukuan.html

Komentar

  1. Keren BuWin sangat lengkap resumenya

    BalasHapus
  2. manteb resumenya... semangat bu

    BalasHapus
  3. Resume mantap ..padat berisi komplit sukses y bu

    BalasHapus
  4. Terima kasih kepada semuanya yg udah mampir

    BalasHapus
  5. Nakasih sidah berbagi untuk strategi marketingnya...sangat bermamfaat buat akuh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumamprak

Rembulan Terbelah

Kerja Sama Salah Satu Kunci Keberhasilan