Cara Menulis Buku Best Seller

Tolabul'ilmi pada kesempatan ini bersama orang hebat dan sukses yang inspiratif: Kang Encon Rahman (Guru Berprestasi dari Kabupaten Majalengka)

Tujuan Menulis Buku

Pertama, mengembangkan budaya literasi atau koleksi pribadi, bentuknya antologi atau keroyokan. 

Kedua, kenaikan tingkat bentuknya Buku Solo, Buku Karya Bersama, Artikel. 

Ketiga, mencari uang atau finansial, bentuknya how to. 

Tujuan menulis buku yang pertama adalah mengembangkan budaya literasi atau koleksi pribadi, bentuknya biasanya antologi atau buku hasil keroyokan. 

Yang  kedua tujuan menulis buku untuk kenaikan tingkat biasanya bentuknya buku solo, karya bersama, artikel, PTK atau best practice atau diklat atau modul. 

Yang  ketiga tujuan menulis buku adalah untuk mencari uang (finansial), biasanya bentuknya buku-buku yang berbicara tentang how to tentang bagaimana membuat sesuatu. 

Ketika kita akan membuat buku tentu memiliki tujuan, memiliki motivasi untuk apa buku ini ditulis. Berbicara untuk apa buku ini tulis maka setidaknya ada tiga tujuan dalam menulis buku: mengembangkan budaya literasi atau koleksi pribadi, silakan membuat buku secara keroyokan bersama-sama yaitu satu buku ditulis oleh dua puluh orang, lima belas orang. Ini bagus sekali dalam upaya mengembangkan budaya literasi atau koleksi pribadi. Di dalam proses ini biasanya penerbit menerbitkan buku  terkait dengan  antologi yang biasa dibeli langsung oleh para penulisnya. Untuk penjualan  buku atologi menurut penerbit Andi, agak susah kalau menjual tentang buku antologi,  buku kroyokan. Buku keroyokan lebih cenderung sebagai buku koleksi buku pribadi yang notabene mengembangkan budaya literasi. Ini sangat baik sekali.

Yang kedua tujuan menulis buku biasanya karena kenaikan tingkat. Nah untuk kenaikan tingkat ini sering kali menjadi salah satu upaya pengembangan diri. Di dalam proses kenaikan tingkat itu sudah ada panduan sudah ada pedoman yang bisa dijadikan payung hukum. 

Nah tujuan yang ketiga ketika kita menulis buku karena memang kita mencari uang finansial.  Tidak salah ketika  berniat membuat buku itu untuk mencari penghasilan. Tentu  saja untuk penghasilan dari buku dari artikel dari tulisan-tulisan tidak diharamkan bahkan dalam sebuah karya ilmiah atau sebuah hasil penelitian sebuah karya dianggap viral bagus ketika memang laku di pasaran. Semua  temuan-temuan teknologi semua temuan-temuan hasil penelitian pada akhirnya juga dipasarkan dinikmati oleh orang banyak. Jadi kalau  membuat buku kemudian hanya dinikmati oleh sendiri yaitu tadi hanya dalam proses pengembangan budaya literasi. 

Tetapi ketika menulis buku kemudian dipasarkan dan booming istilahnya best seller kalau dalam proses  kegiatan buku itulah gol terakhir dari seorang penulis yang hebat sebenarnya. Jadi penulis yang bagus itu yang karyanya dinikmati oleh semua orang. Syukur-syukur kalau karya tersebut sudah mencapai  bukan hanya di dalam negeri. Tetapi juga di luar negeri.

Berani mempublikasikan ke berbagai sektor  sehingga bukunya laku keras itu yang sudah level tinggi, tapi untuk level satu  mungkin bisa  dikatakan kalau secara pribadi  masih antalogilah level satu masih tahap pembelajaran sekaligus pengembangan literasi. Tapi kalau untuk level kenaikan tingkat itu level dua begitu untuk penulisan buku karena memang tujuannya hanya untuk kenaikan tingkat saja. Tetapi untuk berbicara terkait dengan mencari uang finansial tentu itu sudah level tinggi karena menyangkut beberapa aspek. Mitra kita yaitu penerbit buku kemudian pemasaran dan seorang penulis hebat itu bukan hanya bisa menulis bukan hanya bisa memproduksi tapi juga harus pandai memasarkan.

Memasarkan buku adalah salah satu ilmu yang harus dipelajari. Jadi bukan hanya memproduksi buku bukan hanya menulis buku, menerbitkan buku itu masih biasa-biasa saja. Yang luar biasa itu ketika dia seorang penulis sekaligus juga bisa memasarkan buku. 

Buku Bernilai Angka Kredit 

Ada payung hukumnya dan sampai saat ini  buku empat dan buku lima belum dapat revisi lagi artinya kita masih berpijak kepada sepuluh jenis buku pendidikan yang bisa dijadikan sebagai angka kredit.

Jenis buku pendidikan yang dapat nilai angka kredit namanya karya bersama. Buku karya bersama adalah buku  pendidikan yang ditulis maksimal oleh empat orang penulis. Artinya penulis utama akan memperoleh empat puluh persen penulis  pembantu memperoleh dua puluh persen. Jadi untuk karya bersama ini hanya akan diperoleh angka kreditnya jika ditulis oleh empat orang. Ini jelas sekali kalau buku atologi yang ketika memang keroyokan dua puluh orang lima puluh orang, itu tidak masuk ke karya bersama karena batas nama itu dua orang, tiga orang dan maksimal empat orang. Begitu yang disampaikan di dalam buku empat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

PTK dan best practice adalah publikasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan di sekolah. Ini ada nilainya. Jadi ketika memiliki hasil penelitian yang ber-ISBN  itu memiliki angka kreditnya empat. Kemudian  kalau misalnya di jurnal ilmiah  yang terekrekditasi tiga. Ini ada urutan-urutannya sehingga ini sudah ditentukan oleh pemerintah terkait dengan ketika  membuat PTK atau best practice.

Buku teks pelajaran adalah buku yang berisi pengetahuan untuk bidang studi yang ada di satuan pendidikan. Kemudian kalau dicetak penerbit ISBN misalnya oleh penerbit Andi yang ber-ISBN itu nilainya tiga. Kalau penerbit tidak ber-ISBN itu nilainya satu.  Nah kalo nanti menerbitkan buku teks pelajaran tentu ber-ISBN dapat nilai tiga. Namun kelihatannya agak agak susah untuk teks pelajaran karena memang sekarang untuk teks pelajaran sudah didominasi oleh pemerintah. Tetapi ada satu hal yang bisa diimbangi yaitu tentang pendalaman materi pengayaan materi, pendamping materi pelajaran. Ini pun bisa menjadi salah satu buku yang bisa dijadikan untuk kenaikan tingkat.

Jenis buku yang bisa dijadikan untuk kenaikan tingkat adalah modul dan diktat.  Ini  angka kreditnya cukup luar biasa untuk modul digunakan tingkat provinsi satu koma lima kalo digunakan untuk tingkat kota satu dan kalau digunakan untuk sekolah kita itu nol koma lima. lumayan ya jadi nol koma lima pun kalau kita bikin diktat, modul gitu insya Allah nanti akan memperoleh angka kredit. 

Jenis buku pendidikan yang juga dapat diajukan di dalam proses kenaikan pangkat adalah namanya buku dalam bidang pendidikan. Buku dalam bidang pendidikan adalah buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang pendidikan. Buku ini harus untuk guru dan siswa. Angka kreditnya ketika diterbitkan oleh penerbit yang ber-ISBN itu nilainya tiga kalau buku dalam bidang pendidikan ini diterbitkan tetapi belum ber-ISBN maka nilainya satu koma. Buku  bidang pendidikan ini bisa makro  bisa mikro atau satuan pelajaran ketika membuat buku dalam bidang pendidikan, ada buku-buku yang harus sesuai dengan satuan kita. Contohnya mengajar atau biografi kita sebagai pengajar itu termasuk pada buku-buku bidang pendidikan yang tentunya buku-buku ini bisa digunakan untuk kenaikan tingkat pada suatu saat nanti.

Buku pedoman guru ini juga bisa digunakan untuk kenaikan tingkat kita yaitu angka kediritnya satu koma lima.

Buku best seller bisa jadi buku yang memang awalnya digunakan hanya untuk tujuannya angka kredit tetapi oleh penulisnya dijual di pasaran sehingga laku keras. Apa buku best seller? Buku best seller adalah buku yang laris manis dalam jangka waktu yang pendek sejak diterbitkan kriteria best seller penjualan mencapai tiga puluh sampai lima puluh ribu buku per tahun atau sekitar tiga ribu eksemplar per bulan. 

Nah kalau buku-buku yang setiap bulan bisa laku sampai tiga ribu eksemplar itu sudah termasuk kategori buku best seller tentunya.  Buku yang sangat laku di pasaran. Oleh karena itu buku-buku best seller ini buku-buku yang sangat dirindukan penulis dan para penerbit tentunya karena memang di buku best seller ini itu ada royalti yang akan siap langsung masuk kantong para penulisnya begitu pun para penerbitnya senang sekali kalau buku yang diterbitkannya ternyata termasuk buku dari seorang penulis.

Buku Best Seller 

Tentang. enam cara menulis buku best seller. Yang pertama adalah menulis buku dua jam tiap hari  kali sepuluh hari itu lebih baik daripada sepuluh jam kali dua hari. Artinya ketika  menulis buku itu cukup dua jam sehari kali sepuluh hari di situ itu lebih baik daripada  menulis buku itu sepuluh jam kali dua hari nah tahapan-tahapan seperti ini sangat mendukung agar buku kita bisa best seller. 

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan  dalam menulis buku best seller ini kuncinya adalah menulis buku lebih nyaman di sepertiga malam atau pagi hari antara pukul tiga sampai enam pagi. 

Jadi kalau  ingin lebih fresh sebaiknya disarankan biasakan nulisgitu itu gitu. Walaupun kadang-kadang juga ada orang-orang yang menulis di luar jam itu. 

Namun pada umumnya ketika kita menulis antara jam tiga sampai jam enam itu saat-saat yang lebih fresh dalam menulis buku.

Jika menulis ilmiah populer atau artikel ini juga akan mendapat angka kredit. Nah artikel populer adalah tulisan ilmiah yang di publikasikan di media massa koran majalah bidang pendidikan.

 Ini angka kreditnya kalau misalnya dimuat di tingkat nasional itu dua. Kalau di tingkat provinsi nilai angka kreditnya satu koma lima. Jadi ada perbedaan ya. Jadi kalau di tingkat nasional koran-koran nasional itu seperti Kompas, Pikiran Rakyat, Media Indonesia akan memperoleh nilai angka dua angka kreditnya. 

Tetapi kalau lokal seperti Majalah Geliat  Gemilang  gitu ya MGG kemudian juga seperti Radar  begitu kemudian Tribun  itu kan levelnya level provinsi bukan nasional itu akan memperoleh satu koma lima kalau tulisan artikel kita dimuat di koran tersebut.

Buku lain  yang bisa digunakan untuk kenaikan tingkat namanya karya terjemahan yaitu dapat nilai angka kreditnya satu.

Teknik kedua, rekan-rekan semuanya di dalam menulis buku best seller miliki dan kumpulkan buku tematik agar mudah menambah wawasan pada saat menulis buku yang sejenis. 

Jadi artinya ketika kita menulis buku biasakan kita sudah menyiapkan beberapa penunjang agar tulisan kita semakin bagus dan berkualitas. 

Nah,  maka disarankan biasakan memiliki keliping atau buku-buku tematik yang akan menambah kualitas wawasan kita terhadap buku yang sejenis. 

Misalnya kalau ingin menulis tentang artikel, panduan artikel. Apa itu artikel, maka rekan-rekan harus memiliki juga daftar buku atau tulisan-tulisan orang lain tentang artikel sehingga ini akan menambah kualitas dan bobot sebuah tulisan.

Sisi  lain yang jangan dilupakan dalam menulis buku agar buku kita memiliki ruhiyah dan memiliki harapan best seller itu ketika menulis buku bagi istri tolong harus izin suaminya begitu pun juga suami karena ridho Allah ridho orang tua. 

Ridho Allah ridho suami. Jadi  ketika kita akan menulis  buku agar buku kita memang menjadi amal jariah biasakan meminta izin terlebih dahulu kepada pasangan kita.

Kemudian hal lain yang sering dilakukan oleh para ulama, para kiai, para sahabat Rasulullah pada saat menulis kitab buku-buku itu mereka pada umumnya ketika  mau menulis buku itu selalu memiliki wudu. 

Kenapa  harus memiliki wudu? Berdasarkan informasi yang saya peroleh itu para ulama yang terbiasa menulis dengan memiliki wudu insya Allah bukunya sangat panjang, lebih panjang daripada usianya. 

Saya juga sering kali lupa itu kalaubuku belum punya wudu tapi kadang-kadang kalau ingat langsung wudu. Karena ketika kita memiliki wudu dimudahkan oleh Allah sebuah hidayah dalam mengembangkan tulisan kita sehingga betul-betul bermanfaat dan tulisan kita dituntun oleh Allah subhanahu wa taala.

Yang terakhir kiat menulis buku best seller adalah ketika kita mengalami kesulitan ketika kita mengalami metalblok,  sudah nulis tapi enggak kelar-kelar gitu nah salah satunya saya menyarankan buku karya orang lain dengan tema yang sejenis sesuai dengan buku yang sedang kita tulis. 

Artinya ketika kita dalam menulis buku,  harus mencari buku yang sejenis tapi bukan hanya membaca sebenarnya kalau hanya membaca ngantuk nanti tapi dibuat sebuah resume dari buku selevel atau yang sejenis dengan apa yang sedang kita tulis dengan begitu dengan adanya resume  kita bisa mengembangkan tambahan-tambahan apa yang diperlukan dalam buku kita.

Ada pemahaman yang agak salah,  ada istilah resume ada istilah ringkasan ada rangkuman ada ihtisar.  

Resume  itu apa? Adalah menulis ringkasan dari tulisan yang panjang dengan cara mengambil bagian pokoknya saja dalam resume ditambah pendapat pribadi. Jadi memang diringkas tetapi yang memang harus dimunculkan adalah pokok-pokoknya saja. 

Sedangkan  ihtisar  adalah menulis ringkasan dengan cara menuliskan pokoknya berdasarkan pemahaman sendiri. 

Nah bedanya itu diikhtisar  itu boleh meringkas pokoknya tetapi pengalaman-pengalaman sendiri itu dengan bahasa sendiri itu tetapi kalo menuliskan pokok-pokok penting dari yang dibicarakan oleh seorang narasumber tetapi jangan ada pribadi kita karena itu menyalahi konsep dari resume. 

 Alhamdulillah itu sudah cocok begitu dan nanti ada penilaian dari kira-kira harus sama siapa yang paling bagus karena resume  yang menarik itu adalah bukan hanya judulnya menarik gitu tetapi juga bagaimana penyampaian sistematika agar pokok-pokok yang disampaikan oleh narasumber itu bisa ditangkap dan lebih mudah oleh pembaca yang lain terutama nanti ketika rekan-rekan mengirimkan di blog. 

Nah selanjutnya berbicara tentang bagaimana  langkah cara menulis resume  yang benar yang baik. Setidaknya  ada lima langkah dalam menulis resume  yang baik dan benar: 

Pertama adalah teman-teman buku begitu, bukunya dibaca kalau enggak dibaca nanti enggak bisa mengetahui apa resume  yang akan dikembangkan.  

Kedua  temukan gagasan pokok dari buku itu jadi apa nih gagasan pokoknya gitu kita tuliskan ya singkat-singkat saja. 

Ketiga   menuliskan kembali gagasan pokok secara berurutan jadi kalau si narasumber memberikan gambaran-gambaran penjelasan tentu gagasan pokoknya biasanya ada di awal di awal pembicaraan itu biasanya gagasan pokok selanjutnya itu penjelasan atau informasi tambahan. Nah jadi gagasan pokok bisa di awal pembicaraan penulis atau pembicara itu bisa tampak sekali begitu. Kalau 

Kemudian yang keempat menuliskan semua dengan singkat dan padat. Di rangkuman  di buku-buku itu juga bagian resume sebenarnya hanya resumenya memang di dipadakan difokuskan.  

Sehingga  hanya cukup satu baris atau dua baris saja nah kalau memang langkah keempat sudah selesai terus semua kemudian dipublikasikan ya bisa diblok bisa Facebook bisa di berbagai tempat nah karena ini sebagai latihan yang bagus tuh ketika kita membuat resume  dari karya orang lain ya pembicara atau dari buku kemudian dipublikasikan di blog kita atau di tempat-tempat yang bisa dibaca dan bermanfaat bagi teman-teman yang lainnya.

Di dalam proses pembuatan buku ada penulis buku yang pemula ada yang sudah mahir. Sebenarnya  ada dua jenis penulis pemula penulis buku itu ya yang tadi disebutkan pertama ada memang pemula betul-betul tidak tahu nih bagaimana harus melakukan langkah-langkah buku. 

Dan yang kedua ada penulis yang sudah mahir artinya sudah terbiasa menulis buku dan memahami proses tahapan-tahapan membuat buku. 

Oleh karena itu saya memiliki beberapa grup menulis buku.  Mereka  oleh saya diberi semacam bimbingan agar bukunya bisa digunakan untuk kenaikan tingkat dan buku yang bersifat untuk mencari uang begitu finansial. 

Menulis artikel dalam bentuk blog bisa sebagai salah satu teknik latihan yang bagus. Tetapi  di grup saya itu saya melakukan sebuah terobosan baru bagaimana temen-temen pemula  itu oleh saya  dibimbing menulis buku selama empat bulan kemudian mereka diberi outline -nya, outline bukunya begitu. 

Setelah beres empat bulan kemudian buku itu dicetak dan diterbitkan.  Terkait  penerbit saya tidak bermain di penerbitan,  saya menyerahkan dipersilahkan ketika temen-temen sudah beres didrap bukunya menjadi buku yang layak sebagai buku, saya selalu memberikan kesempatan kepada teman-teman silakan cari penerbit yang apa bisa menerbitkan buku tersebut apakah nanti mayor atau penerbit pribadi begitu bahkan setelah saya berbincang dengan penerbit Andi ya mas Agus gitu ya saya senang sekali beliau memberikan gambaran bagaimana penerbit Andi di dalam proses pengembangannya seperti itu. 

Nah oleh karena itu rekan semua terima kasih sekali dan alhamdulillah dengan adanya apa namanya kegiatan-kegiatan bimbingan bukubanyak rekan-rekan di grup saya juga alhamdulillah seperti Om Jai  bisa mengembangkan tulisannya. Demikian  rekan-rekan semua pada malam hari ini yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat.

Sesi Tanya Jawab 

Assalamualaikum, sebelumnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Mr. Bams yang telah memberikan kesempatan saya untuk bertanya. Dan terimakasih kepada Bapak Encon atas pemaparan materi malam ini. Begitu sangat luar biasa.
Saya atas nama Siti Nurlatifah dari Subang,gelombang 12.  izin bertanya:
*Apa beda buku teks pelajaran dengan buku dalam bidang pendidikan* ? Mohon diberikan contoh kongkritnya, terimaksih banyak sebelum dan sesudahnya.🙏


Assalamu'alaikum wr. Wb
Masyaa Alloh luar biasa pemaparan materi dari bpk hari ini..

Saya Titin dari Subang
Ijin bertanya :
1. Menurut bapak resume itu yg baik yg lengkap atau yg singkat tapi padat?

2. Bagaimana menumbuhkan motivasi bpk dalam menulis dan memberikan motivasi kpd penulis pemula. Terimakasih🙏

Baik terkait dengan resume yang baik yang, yang baik dan bagus itu adalah drusmo yang singkat padat tetapi mmm pokok-pokok pikiran yang disampaikan oleh penulis atau pembicara itu tidak boleh hilang begitu ya. Kemudian yang kedua menumbuhkan motivasi dalam menulis eh tentu saja kita harus salah satunya terbiasa dengan masuk komunitas para penulis begitu sehingga diharapkan dengan kita berada di komunitas penulis ini akan selalu memotivasi kemudian juga kita tetappengetahuan karena dengan adatnya di komunitas menulis tentu saja banyak pengetahuan yang terkait dengan masalah kepenulisan.

Selamat malam, saya Katmie dari Palangka Raya,  ijin bertanya :
Bagaimana jika kita menulis kumpulan artikel pendidikan, tapi tidak untuk  dimuat di media (langsung dijadikan buku), apakah ada nilai AK-nya?
Terima kasih🙏

Selamat malam juga kepada ya dari Palangkaraya izin bertanya bagaimana jika kita menulis kumpulan artikel pendidikan tetapi tidak untuk dikirim ya tetapi langsung dijadikan buku apakah harga nilai angka kreditnya iya Kaitannya dengan kumpulan artikel, kumpul artikel ya itu bisa dimuat di surat kabar atau belum dimuat di surat kabar artinya kedua-duanya bisa dijadikan angka kredit begitu terlebih nanti rekan-rekan apakah nanti tulisannya itu mmm berbentukISBN atau tidak. Tetapi dapat nilai yang pasti di dalam proses pembuatan buku khususnya untuk angka kredit itu harus berbicara tentang pendidikan dan berindesain dengan mapel kita. Demikian salah satunya.

Ratri, samarinda gel 12

Terimakasih atas berbagi ilmunya  yang luar biasa

Saya mau bertanya,
Meresume hasil belajar menulis bersama om jay dkk yang dibukukan dan berISBN termasuk jenis buku apa ya ? Dan nilai angka kreditnya berapa?

Bagaimana meresume  hasil menulis bersama Om Jai dan kawan-kawan yang dibukukan dan beri SBN termasuk jenis buku apa dan nilai angka greatnya berapa. Nah rekan-rekan terkait dengan resume ya kalau saja res semua ini kaitannya dengan seluruh pendidikan khusus pendidikan itu dapat nilai atau angka kredit. Namun bagaimana kalau eh campur aduk begitu ada bicara tentang pendidikan, ada bicara film, ada bicara tentang penerbitan begitu eh di dalam proses buku empat kementerian dan pendidikan dan kebudayaan itu disampaikan buku-buku yang jadi angka kredit adalah buku-buku yang berbicara tentang pendidikan artinya bicara eh mengupas kaitannya dengan pendidikan apalagi ber-ISBN begitu sehingga buku ini bisa diajukan kepada eh penilai sebagai buku eh yang bisa dijadikan angka kredit persoalannya jangan sampai ketika kita membuat resume ramai-ramai begitu jadi harusnya sendiri begitu resmi Solo begitu karya pribadi bukan dilakukan oleh mmm beberapa orang yang diperbolehkan itu yaitu hanya empat orang untuk buku karyasama seperti itu ya jadi eh dapat disampaikan bahwa buku-buku yang dinilai di dalam proses pendidikan ada buku-buku yang eh sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada buku empat dan buku lima. 


Bagaimana caranya mengikuti pelatihan menulis kang Encon? 

Saya dari gelombang 13 yg dulu gelombang 11. Kulon Progo, DIY

Untuk pertanyaan bagaimana caranya mengikuti pelatihan melus dengan Kang John sederhana saja rekan-rekan nanti gabung di grup kemudian ada bimbingannya seperti itu dipersilakan nanti melalui mmm japri bagaimana seperti apa sehingga mmm harapannya sederhanatemen dibimbing selama empat bulan dan harus menjadi buku begitu. Menjadi draf buku yang sudah siap dicetak dan diterbitkan.

Saya Nur hidayati dari Kulon Progo mau bertanya. Dalam buku 4, ada yang namanya karya inovasi. Untuk kumpulan puisi sejumlah 20 judul mendapat nialai PAK 2 dan 40 judul puisi mendapatkan nilai 4. Masih berlaku tidak/

Terkait pertanyaan dari Kulon Progo ya mmm siapa nih mmm mbak Nur ya mbak Nur Hidayati dalam buku empat ada yang namanya karya inovasi untuk kumpulan puisi berjumlah dua puluh judul mendapat nilai park duapuluh judul, puisi mendapat nilai empat masih berlaku. Baik eh nanti saya kirim ya saya kirim eh ininya buku empat dan buku limanya begitu sehingga buku ini menjadi pedoman kita di dalam proses penilaian untuk pak ya terima kasih atas pertanyaannya.

Selamat malam Kang Haji Encon
Perkenalkan saya ibu Aning S dari SMP N 1 Pucakwangi Kab.Pati ...gel 12
Bagaimana yang dimaksud dengan jurnal yang sudah beraviliasi dengan dikti itu?
Mohon pencerahan
Terima kasih

Kemudian pertanyaan berikutnya bagaimana yang dimaksud dengan jumlah yang sudah berafiasi dengan Dikti nah terkait ini saya belum banyak mengetahui terkait eh beberapa hal informasi ini maka dengan mohon maaf tidak bisa menjawab secara langsung dikhawatirkan salahinsya Allah nanti kita cari pembahasan yang lain terkait ini mmm informasi ini dan barangkali nanti ada teman-teman lain yang bisa membantu pertanyaan ini.

Malam Om, izin bertanya
Dalam penyusunan buku untukkenaikan tingkat, kalau buku resume kuliah menulis ini dijadikan buku tunggal angka kreditnya berapa?
Adakah kiat jitu untuk menanggulangi moody dalam menulis. Terima kasih. Ai S Dewi Subang

Pertanyaan berikutnya adalah tentang penyusunan buku untuk kenaikan tingkat kalau buku Rasulu kuliah menulis ini jadikan buku tunggal angka kritisnya berapa adakah kiat ditutup menanggulangi dalam menulis terima kasih baik mmm terkait buku Rsume dibuat oleh rekan-rekan di grup ini nanti rekan-rekan coba baca lebih dalam lagi terkait dengan buku panduan empat dan lima begitu ya kemudian termasuk juga kreditnya nah bagaimana kang Icon terkait kiat jitu untuk menanggulangi dal gu mood di dalam proses menulis saja sebenarnya mmm salah satu caranya adalah teman-teman harus punya motivasi dan tujuan menulis itu sendiri jadi kalau rekan-rekan punya tujuan punya motivasi untuk apa saya menulis insya Allah itu mood-nya selalu ada dan semangat selalu tinggi banyak teman-teman yang tingkat menusnya rendah malas begitu malas menuangkan gagasan karena satu tidak punya impian tidak punya target gitu loh kalau punya target dalam menulis insyaallah apapun halangan rintangan rasa malas yang tinggi itu bisa diabaikan karena memang kita memiliki impian yang sedang dikejar target yang sedang dikejar oleh karena itu eh bagi rekan-rekan yang agak mood-nya rendah begitu kembali lagi berfikir apa saya niat tujuan menus ini apakah hanya sekedar berlatih atau ada tujuan tertentu ingin menjadi amal jariah misalnya nah oleh karena itu silakan dikembalikan pemikiran muhasabah kepada teman-teman lagi bahwa niatkan kita mis buku sebagai amal jariah sebagaimana para ulama terdahulu mereka usia bukunya lebih panjang daripada usia dirinya sendiri oleh karena itu mudah-mudahan buku yang kita ciptayang kita tulis yang kita eh apa namanya publikasikan menjadi bahan bagian dari proses amal jariah yang dimaksudkan terima kasih ya dari Subang THI eh S Dewi ya terima kasih deh.

Izin bertanya pada Pak Encon ya Mr. Bams : 

Assalaamu'akum, sy bu sri,  dari bantul jogja,  Untuk buku best seller yang Bp Encon buat, kira - kira membutuhkan berapa buku penunjang yang dipakai , itu buku penunjang beli di toko buku ya Bpk,.? terima kasih atas penjelasannya.

Pertanyaan baik dari Yogyakarta kalau buku besar itu berapa sih penunjangnya? Begitu? Sebenarnya bukan masalah jumlah penunjang buku besar dari itu, tapi buku best seller itu buku yang tengah dibutuhkan oleh pembacanya. Jadi dengan berapa jumlah buku penunjang itu ada kaidah saja sebenarnya kaidah perulisan buku antara minimal sepuluh lah ya atau lima buku begitu tetapi itu hanya kaidah talang penulisan buku tetapi tidak berarti ketika semakin banyak penunjang semakin bukunya bakal lari tidak juga karena dalam buku besar ini yang menjadi patokan bukan bukan daftar isi atau daftar pustaka bukan tetapi yang dipatokan adalah buku itu eh diminati atau tidak oleh karena itu rekan-rekan semua di dalam proses penulisan buku untuk agar buku kita maka sebenarnya kita harus banyak belajar kepada buku-buku yang eh kok diminati banyak orang begitu sehingga kita pun bisa menulis terlepas nanti apakah buku ini untuk akafili atau tidak karena tadi disampaikan kita menusbuk itu untuk untuk koleksi atau hanya angka kredit atau kita mengejar finansial. Best seller begitu. Karena juga ada buku-buku yang pendidikan ngejarnya hanya agak kredit tapi dengan ijin Allah itu best seller juga begitu. Nah dengan demikian dapat disampaikan bahwa jumlah daftarpustaka di dalam buku best seller itu tidak menjadi ukuran. Yang middle Quran adalah aktual dan menarik tentu sangat dibutuhkan oleh para pembaca.


SUPARNO di.Magetan  

saya  membuat  auto  biografi,  apakah  termasuk buku  yang  bisa dinilaikan  angka  kreditnya  Bapak  Encon

Ini pertanyaan bagus ya dari pak Suparno dari Magetan. Saya membuat auto biografi apakah termasuk buku yang bisa dinilai angka kreditnya. Ya bisa dinilai angka kreditnya kalau mmm buku pak Suparno itu adalah buku pendidikan artinya pak Supano mengajak menceritakan eh apa autobiografi tentang pembelajaran sebagai guru dari mulai awal, awal lahir begitulah sampai hari ini sebagai guru. Nah kalau Bapak menceritakan posisinya sebagai guru, jaut tebografi itu itu bermanfaat bagi rekan guru dan siswa ini yang bisa dijadikan agak kedip karena kontennya di dalam pendidikan itu dalam buku pendidikan itu disampaikan bahwa harus bermanfaat bagi rekan-rekan sejawat dan siswa nah meskipun pak Soeparno misalnya bukan pejabat eh public figure bukan orang penting begitu bukan orang hebat dalam artian tanda kutip ya pemikiran kita tetapi ketika otomografi ini dihasilkan kemudian dijadikan salah satu sumber bacaan untuk perpustakaan misalnya untuk guru-guru yang lain itu Allah akan di bisa dijadikan sebagai buku yang memiliki angka kredit begitu. Dengan satu catatan Pak Soekarno bukan seorang politikus begitu bukan seorang ekonom begitu tetapi di akhirnya dari awal punya cita-cita atau ditakdirkan Allah sebagai eh profe guru nah jika autobiografi ini berbicara guru berbicara pengalaman guru berbicara bagaimana eh teknik di dalam proses menjadi guru misalnya pada saat ini itu akan menjadi bagian irisan sebagai masuk ke kategori jenis buku pendidikan dan jenis buku pendidikanitu sudah termaksud sebagai salah satu yang bisa digunakan angka kreditnya. Demikian Mas Suparno, terima kasih ya.


Apa beda buku teks pelajaran dengan buku dalam bidang pendidikan* ? Mohon diberikan contoh kongkritnya, terimaksih banyak sebelum dan sesudahnya.🙏

Siti N - Subang

Baik terima kasih akan saya jambu lagi ya tentang apa bedanya buku teks pelajaran dengan buku dalam bidang pendidikan kalau buku teks pelajaran buku-buku yang mmm kita tulis ya kita tulis berdasarkan mapel mata pelajaran kita sesuai dengan mapel kita kemudian mengacunya harus kepada kurikulum. Buku teks pelajaran IPAMS ya kalau ibu sebagai bahasa Indonesia maka harus membuat buku teks pelajaran IPA mmm bahasa Indonesia ya karena memang mapelnya bahasa Indonesia begitu kalau ibu Mapel latar belakang pendidikannya adalah biologi maka harus membuat buku teks biologi tidak bisa nanti ketika Ibu sebagai mapelnya biologi nulis bahasa Indonesia gitu itu tidak akan mendapat nilai angka kredit Bu tidak akan memperoleh ya eh jadi harus sesuai dengan Napel pelajaran itu harus dengan sesuai dengan mapel kita jadi kalau ibu nanti pe mmm mata kuliahnya kimia atau matematika ya harus tulis bukunya tentang matematika dan kimia begitu kemudian kalau bicara tentang bidang pendidikan bidang pendidikan tuh ada dua ada bidang dalam bentuk makro ada pendidikan dalam bentuk mikro. Makro adalah berbicara tentang dunia pendidikan secara umum. Misalnya kita membuat buku eh tentang ini tentang bagaimana pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia lebih berkualitas misalnya. Nah itu termasuk kepada bidang pendidikan atau ibu menulis tentang bagaimana teknik cara mengajar biologi yang baik nah itu juga pendidikan ya apalagi sama dengan, dengan mapel kita kiat mengajar bahasa Indonesia tentang paragraf misalnya untuk guru bahasa Indonesia. Nah itu berarti masuknya kepada bidang pendidikan bukan teks pelajaran. Kalau teks pelajaran itu menuliskan mengacu tulisan-tulisannya kepada kompetisi dasar atau KD sesuai dengan kurikulum dua ribu tiga belas begitu nah contoh lain misalnya untuk bidang pendidikan adalah eh pengalaman-pengalaman mengajar yang kedua ketika Ibu misalnya sebagai seorang guru eh mengajar di di daerah terpencil atau ibu berbicara tentang contohnya cara eh mengajar BDR yang kreatifNah itu termasuk kepada bidang pendidikan. Demikian bu ya mudah-mudahan bisa dipahami.

Terima kasih abang yang saya hormati dan om Jai mmm sebagai pionir dari grup menulis mudah-mudahan mmm kita berharap belajar menulis dari gelombang satu sampai lima belas ini betul-betul menjadi amal jariah bagi seluruh tim tentunya termasuk juga rekan-rekan peserta rekan-rekan semua satu hal yang ingin saya sampaikan bahwa di dalam menulis buku itu jangan takut salah ya jangan takut salah tapi takutlah tidak bisa memperbaiki kesalahan oleh karena itu di dalam menulis buku walaupun kita sebagai pemula misalnya lakukan saja terlebih nanti ada mentor yang akan membimbing kita di dalam proses eh pembuatan buku yakini bahwa tujuan atau motivasi kita Mas Buku lebih utamakan bahwa kita mencari ridho Allah subhanahu wa taala bukan sekedar finansial sekedar mencari angka kredit misalnya. Tujuan utama adalah lillahi taala sehingga ruhiyahnya buku kita lebih eh bagus nanti ketimbang hanya tujuan duniawi begitu. Oleh karena itu saya sampaikan pada kesempatan ini terima kasih sekali atas kebersamaannya eh harapan saya rekan-rekan semua yang ada di grup ini menjadi eh pionir pionir untuk guru-guru penggerak di sekolah masing-masing demikian eh Abang terima kasih juga atas kebersamaannya saya akhiri subhanallahterima kasih selamat malam, selamat beraktivitas.


Simpulan 

Menulis dua jam selama sepuluh hari lebih baik daripada menulis  sepuluh jam selama dua hari. 

Menulis dalam keadaan mempunyai wudu. 

Menulis di sepertiga malam atau pagi hari antara pukul tiga sampai enam pagi. 

Menulis setelah memperoleh izin pasangan. 

Miliki dan kumpulkan buku tematik yang sesuai dengan buku yang sedang kita tulis.

Menulis resume buku karya orang lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan. 


Komentar

  1. Masya Allah bu, lengkap luar biasa resumenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir. Maaf resume belum rapi.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir. Maaf resume belum rapi.

      Hapus
  3. mantab bu resumnya lengkap enak kalo pas mau buat buku nadak bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Saya memang sengaja menuliskan secara lengkap untuk dipelajari lagi. Meskipun itu menyalahi ketentuan membuat resume yang sudah disampaikan oleh beberapa ahli.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumamprak

PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Nu Nyiar Ubar