Catatan Diklat Hari Terakhir

Hari ini, Kamis 01 Juli 2021 merupakan hari terakhir dari rangkaian diklat Pengajar Praktik Guru Penggerak Angkatan ke-3.

Sebelum kegiatan dimulai, saya masih sempat nongkrong dan ngobrol di tukang surabi. Obrolan tanpa tema, ngalér ngidul, gak jelas tujuan. 

Pukul 08.00 WIB-09.00 WIB 
Diisi dengan kegiatan belajar mandiri modul enam (BM-M6), mempelajari modul, menjawab pertanyaan, dan unggah tugas.

Pukul 09.00 WIB-11.15 WIB 
Mulai sesi sinkronus untuk membedah modul enam bersama Instruktur mengenai: Refleksi Pembelajaran Pendamping
Guru Penggerak 

Kegiatan diawali dengan membuka kembali Golden Circle yang pernah dibuat dihari pertama diklat. Saya mencari file tapi tidak ditemukan. Perasaan sudah disimpan di drive tetapi dicari berkali-kali tetap tidak ditemukan. 

Instruktur sudah mempersilakan peserta diklat untuk menyampaikan apa yang tertulis di Golden Circle. Saya masih terus mencari. Beberapa teman telah menyampaikan Golden Circle milik mereka. 

Instruktur membatasi sampai tiga peserta saja. Selebihnya dipersilakan untuk merefleksi sendiri. Apakah tujuan yang ditetapkan di awal diklat sudah tercapai atau belum.

Sampai sesi sinkronus berakhir, Golden Circle milik saya tidak ditemukan. Tapi saya masih ingat apa yang ditulis, karena semua tentang diri: kekurangan, kelebihan, tujuan yang hendak dicapai, cara mencapai tujuan. Alhamdulillah semua tercapai meskipun masih harus terus belajar dan mengembangkan diri.

Sepertinya saya bermasalah dengan Golden Circle. Di awal ketika orang lain menerima file dalam bentuk lingkaran, saya menerimanya dalam bentuk persegi. Di akhir ketika dibutuhkan malah tidak ditemukan. Saya berjanji untuk menemukan kembali Golden Circle milik saya!!!

Pukul 14.15 WIB-16.30 WIB 
Merupakan sesi evaluasi dan refleksi. Peserta dipersilakan untuk mengisi refleksi di LMS dan menjawab soal postest.

Acara penutupan dimulai pukul 16.30 secara pleno. Agar lebih tenang saya ingin mengerjakan postest sebelum acara penutupan. Setelah menunaikan saEntah karena hari terakhir atau entah karena saya sudah lebih , hari ini semua makanan yang masuk terasa enak. 

lat Asar saya langsung mengerjakan postest. 

Acara penutupan berlangsung sampai pukul 17.30 WIB.  bahwa  tahap dua yang sedihnya hendak diseleDisampaikannggarakan di Hotepembekalanl Grand  Mercure Harmoni Jakarta, kembali  lķjl secara daring. Mengingat PPKM Darurat Jawa Bali baru saja diumumkan oleh Presiden. 

Galau rasanya. Di satu sisi bahagia, diklat dilakukan secara daring. Di sisi lain tidak mendapatkan pengalaman diklat secara luring. Padahal kami sudah merencanakan keberangkatan ke Jakarta secara detail. Alloh SWT tentulah punya rencana terbaik untuk ummatNya. 

Setelah acara penutupan diklat tahap satu sekaligus pembukaan diklat tahap dua acara ditutup dengan pesan dari Dirjen GTK bahwa kesehatan dan keselamatan merupakan prioritas utama. 

Saya mengukuhkan niat untuk mengikuti diklat pembekalan Pengajar Praktik Guru Penggerak tahap dua. Semoga Alloh SWT meridai.

Diklat akan diselenggarakan tanggal 5 - 9 Juli 2021 secara daring, "Maaf, Kawan, kau akan terganggu lebih lama lagi. Semoga kaumasih mau direpotkan!"

Setelah salat Magrib saya pamit, "Terima kasih, Kawan  ...!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumamprak

PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Nu Nyiar Ubar