Aplikasi yang Bisa Anda Gunakan Sekarang untuk Mengajar Secara Daring

APLIKASI YANG BISA ANDA GUNAKAN SEKARANG UNTUK MENGAJAR SECARA DARING 



Wabah yang saat ini melanda di berbagai belahan dunia berpengaruh besar terhadap berbagai sektor kehidupan. Sektor pendidikan pun tak luput terkena dampaknya. Kebijakan social distancing dan physical distancing menyebabkan guru dan siswa harus tetap tinggal di rumah. Sekolah-sekolah diliburkan. Fakta dilapangan meskipun sekolah diliburkan, pembelajaran tetap harus diselenggarakan. Guru dan siswa dituntut untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh adalah sekumpulan metode pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar (Hamzah, 2007:34). 

Pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa jarak fisik, misalnya karena siswa bertempat tinggal jauh dari sekolah. Dapat pula pemisah itu berupa nonfisik, misalnya karena keadaan memaksa siswa meskipun dekat dengan sekolah tetapi tidak boleh datang ke sekolah. Seperti saat ini, pembelajaran jarak jauh diselenggaraan disebabkan oleh faktor nonfisik, yakni karena keadaan.

Salah satu cara pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran secara daring melalui jaringan internet. Dewasa ini begitu banyak aplikasi pembelajaran jarak jauh secara daring yang dapat digunakan. Aplikasi tersebut dapat diperoleh secara mudah di internet. Hal ini dapat membantu guru dan siswa menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh secara daring atau distance learning.

Perkembangan teknologi yang pesat dewasa ini dapat membantu penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh secara. Teknologi tersebut dapat mengatasi masalah klasik dalam pembelajaran jarak jauh yakni tidak adanya interaksi antara siswa dengan guru. Saat ini pembelajaran jarak jauh dapat diselenggarakan secara langsung dalam jaringan (pembelajaran daring), baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Sedangkan untuk yang tidak real time bisa dilakukan melalui mailing list, discussion group, newsgroup, dan bulletin board.

Permasalahan terletak pada penerapan aplikasi tersebut. Guru dan siswa dituntut untuk belajar dan mempelajari pembelajaran daring agar berdayaguna dan berhasilguna. Permasalahan lain timbul, tidak semua guru atau siswa melek teknologi dan dapat menjangkau teknologi tersebut. Guru dan siswa harus keluar dari zona nyaman. Beradaptasi dengan situasi dan kondisi terkini, berjibaku agar pembelajaran dapat diselenggarakan dari jarak jauh.

Keberhasilan pembelajaran jarak jauh ditunjang oleh beberapa faktor, diantaranya:
1. Desain dan pengembangan sistem pembelajaran. Pengembangan pembelajaran jarak jauh terdiri atas perencanaan, pelaksananan, evaluasi, dan refleksi. Dalam mendesain pembelajaran jarak jauh yang efektif, harus diperhatikan mengenai tujuan pembelajaran, kebutuhan ketercapaian target kurikulum, karakteristik siswa, dan hambatan teknis yang mungkin terjadi.
2. Interaksi dan komunkasi. Keberhasilan pembelajaran jarak jauh antara lain ditentukan oleh adanya interaksi dan komunikasi antara siswa dengan guru, antara siswa dengan fasilitas pembelajaran, dan antara siswa dengan siswa lainnya.
3. Pembelajaran aktif. Partisipasi aktif siswa mempengaruhi cara bagaimana siswa berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.
4. Visual imagery. Pembelajaran melalui media daring dapat terjadi distorsi. Siswa bukan hanya mempelajari materi tetapi akan tergoga untuk melihat hal-hal di luar materi pembelajaran. Perlu pengawasan dari orang tua untuk memastikan siswa di jalur yang benar.

Perlu disadari, kecanggihan aplikasi pembelajaran jarak jauh secara daring tidak dapat menggantikan kehadiran guru secara nyata dihadapan para siswa. Pada pembelajaran jarak jauh meskipun diselenggarakan secara daring terdapat nilai-nilai yang hilang. Dan nilai-nilai itu hanya tampak ketika guru hadir dihadapan siswa. Sosok guru tidak diapat digantikan oleh apapun. Terdapat nilai-nilai tertentu pada kehadiran guru secara nyata. Bertatap muka langsung dengan siswa akan memberikan dampak yang berbeda, apalagi kalau guru tersebut adalah guru yang diizinkan, diterima, dan dirindukan siswa-siswanya.

Tanjungsiang, 01 April 2020

Daftar Pustaka
B. Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajaryang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

#WORKSHOP DAN PELUNCURAN BUKU KARYA GURU SE-KAB. SUBANG
#21 MARET 2020
#AULA DINAS KEARSIPAN & PERPUSTAKAAN DAERAH KAB. SUBANG
#ARUM HANDAYANI
#TOTO WIJAKSANA
#PENGUATAN PENGEMBANGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI CHALLENGE
#LITERASI DIGITAL ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
#KELAS DARING
#LISANGBIHWA
#KPPJB REGIONAL SUBANG

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumamprak

Teungteuingeun

Nu Nyiar Ubar